Trend Teknologi Informasi Saat Ini
Sistem informasi telah berkembang
pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat dan
terbukti sangat berperan dalam kegiatan perekonomian dan strategi
penyelenggaraan pembangunan. Keberadaan sistem informasi mendukung kinerja peningkatan
efisiensi, efektivitas dan produktivitas organisasi pemerintah dan dunia usaha,
serta mendorong pewujudan masyarakat yang maju dan sejahtera.
Dalam mendukung penyampaian suatu
informasi maka dimanfaatkanlah teknologi informasi, yang menggunakan teknologi
komputer sebagai media utama dalam penyampaian informasi. Istilah ini sendiri
merupakan perkembangan dari istilah Sistem Informasi . Semakin tinggi kualitas
teknologi informasi yang digunakan maka tingkat efektfitas dan efisiensi pun
semakin tinggi.
Teknologi yang berkembang tidak hanya menggerakkan dan
menolong bidang pengolahan data, tetapi juga menggerakkan pebisnis dalam
menjalankan usahanya. Pengarsipan data, penjurnalan, produktivitas dan
pemasaran menjadi bagian besar dalam teknologi saat ini. Social network menjadi
tempat penstimulus untuk menarik perhatian konsumen.
Tak dapat dipungkiri perkembangan teknologi masa kini
dibuktikan dengan banyaknya inovasi dan menjadi bukti bahwa teknologi telah
menjadi kebutuhan di segala sektor, dalam bentuk pengembangan cara-cara lama
atau penemuan metode baru dalam menyelesaikan segala tugas.
Berikut saya jelaskan salah satu contoh teknologi informasi
yang sedang ngetrend sampai saat ini, yaitu E-Commerce.
E-Commerce
Perdagangan elektronik (electronic commerce atau
e-commerce) adalah penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa
yang mengandalkan sistem elektronik, seperti internet, televisi, atau jaringan
komputer lainnya.
E-commerce melibatkan transfer dana dan pertukaran data
elektronik, sistem manajemen dan pengumpulan data secara otomatis. E-commerce
adalah salah satu bisnis yang paling sering digeluti oleh masyarakat di
Indonesia karena memberikan keuntungan yang menjanjikan.
Jenis-Jenis E-commerce
Ada beberapa jenis e-commerce yang paling sering
dipilih, antara lain:
- E-commerce business to business (B2B)
Jenis bisnis B2B ini dilakukan oleh orang atau pihak
yang saling berkepentingan dalam menjalankan bisnis, di mana keduanya saling
mengenal dan mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan.
Biasanya, jenis B2B dilakukan secara berkelanjutan
karena kedua belah pihak saling mendapatkan keuntungan dan adanya kepercayaan
satu sama lain. Contoh dari bisnis B2B adalah ketika dua perusahaan mengadakan
transaksi jual beli secara onine, begitu juga dengan pembayaran yang tersedia
menggunakan kartu kredit.
- E-commerce business to consumer (B2C)
Jenis e-commerce B2C adalah bisnis yang dilakukan
antara pelaku bisnis dengan konsumen. Sebagai contoh, produsen menjual produk
ke konsumen secara online. Di sini, pihak produsen akan menjalankan bisnis
dengan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen
untuk melakukan bisnis kembali. Artinya, produsen hanya memasarkan produk atau
jasa, sementara pihak konsumen hanya sebagai pembeli atau pemakai.
- E-commerce consumer to consumer (C2C)
Jenis e-commerce consumer to consumer dilakukan antara
konsumen dengan konsumen. Misalnya,
konsumen dari suatu produsen akan menjual kembali produk ke konsumen lainnya.
- E-commerce consumer to business (C2B)
Jenis C2B adalah bisnis antara konsumen dan produsen.
Bisnis tersebut dilakukan oleh konsumen kepada para produsen yang menjual
produk atau jasa. Sebagai contoh,
konsmen akan memberitahukan detail produk atau jasa yang diinginkan secara
online kepada para produsen. Nantinya, produsen yang mengetahui permintaan
tersebut akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan konsumen.
Manfaat E-commerce
Ada beberapa manfaat e-commerce, yaitu:
- Mempermudah
komunikasi antara produsen dan konsumen.
- Mempermudah
pemasaran dan promosi barang atau jasa.
- Memperluas
jangkauan calon konsumen dengan pasar yang luas.
- Mempermudah
proses penjualan dan pembelian.
- Mempermudah
pembayaran karena dapat dilakukan secara online.
- Mempermudah
penyebaran informasi.
Keuntungan E-commerce
Ada banyak keuntungan
yang didapatkan dari e-commerce. Salah satunya adalah menjual produk atau jasa
secara online tanpa harus mendirikan toko atau kantor besar seperti yang
dilakukan oleh para pelaku bisnis offline sebagai tempat usaha. Hanya dengan
memanfaatkan jaringan internet, Anda sudah bisa memasarkan produk atau jasa
kepada konsumen kapanpun dan di manapun.
Keuntungan lainnya
adalah kemudahan berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Dari segi pemasaran
barang juga jauh lebih menguntungan karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya
tinggi untuk melakukan promosi. Hanya dengan menggunakan jaringan internet, Anda
sudah bisa memasarkan produk atau jasa Anda secara meluas ke masyarakat.
Demikian ulasan
mengenai e-commerce, manfaat dan keuntungannya. Bisnis e-commerce adalah salah
satu bisnis yang menjanjikan sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya.
Jika Anda sudah memiliki rencana untuk membangun toko online, tapi tidak tahu
bagaimana memulainya, Anda bisa mengandalkan jasa e-commerce enabler seperti
8commerce. 8commerce adalah end-to-end e-commerce enabler Indonesia, mulai dari
pengembangan e-commerce dan sistemnya, pemasaran digital, logistik, dan
e-commerce fulfillment.
Daftar Pustaka :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar